10 Khas Ngawi yang tidak ditemukan didaerah lain


NGAWI, adalah sebuah kabupaten kecil di wilayah Propinsi Jawa Timur dengan berbatasan dengan Jawa Tengah. Di Kabupaten inilah terdapat banyak keunikan-keunikan yang mungkin tidak akan anda ditemukan di daerah lain. Nah, Berikut 10 Khas Ngawi yang mungkin membuat anda bangga akan kota ini ;

1. Satu-satunya kota yang diakui secara nasional sebagai penghasil Kripik tempe yang khas. 
Kripik tempe khas Ngawi banyak di hasilkan dan diproduksi oleh masyarakat ngawi. Terutama warga masyarakat Prandon Ngawi. Mereka telah turun-temurun memproduksi tempe dan mengolahnya menjadi kripik tempe ini. Perkembangan usaha ini mulai dari skala kecil hingga produksi secara besar-besaran.

2. Tempat terbunuhnya Gubernur Jawa Timur pertama kali. 
Gubernur Soerja, adalah gubernur Jawa Timur yang terbunuh di perbatasan kota Ngawi dan Jawa Tengah. Jika anda ingin mengetahui situsnya, anda dapat berkunjung ke Wisata Monumen Soerja Ngawi. Ditempat ini anda juga dapat menawar macam-macam burung. Karena disini terdapat juga Pasar Burung.

3. Sehabis Salam dilanjutkan tepuk Tangan. 
Jika anda berada di ngawi, setelah seseorang mengucapkan salam maka, otomatis dilanjutkan dengan teuk tangan. Ini sebagai bukti slogan Ngawi Ramah. Namun, adat ini hanya berlaku pada saat acara-acara resmi. Salam unik ini hanya anda temukan di Ngawi.

4. Tempat Asal Mula Tari Orek-orek. 
Tari ini berasal dari Kecamatan Pangk.ur Kabupaten Ngawi yang pernah m.em.ecahk.an Rekor Muri pada tahun 2014 sebagai peserta terbanyak. yang melibatkan siswa SD,SMP, SMA, dan Umum.

5.Kota dengan ber ikon  Bambu dan Kura-kura. 
Kota Ngawi adalah kota yang berikon pohon bambu. Mengapa ? karena nama Ngawi berarti awi atau bambu. Selain itu di tinmur pusat kota Ngawi terdapat Taman Wisata Tawun. Disini terdapat mata air (sendang) dengan penunggunya adalah Binatang Kura-kura. Kura-kura ini sangat dianggap wingit oleh masyarakat sekitar. Mirip fil Tenage Mutant Ninja kali ya .. TURTLES !!

6. Ngawi memiliki alun-alun terbesar se Jawa Timur ? 
Alun-alun Ngawi sangat luas tempatnya. Disini anda dapat menikmati kuliner khas Ngawi serta berbagai hiburan yang terdapat di wisata malam hari alun-alun Ngawi. Predikat alun-alun terluas ini dapat dibuktikan dengan betapa luasnya lapangan, taman, serta komplek penjual kuliner dialun-alun Ngawi ini. Jangan lupa ibadah di barat alun-alun karena disitu adalah Masjid Agung yang sangat megah dan besar. Semoga jamaahnya juga banyak.... sejarah di Sekitar Masjid ini terdapat suatu cerita mistis yang diantaranya terdapat batu giok di komplek Masjid ini. Katanya siih,.. setelah batu ini dicuri orang, Ngawi mengalami Banjir besar. Masih ingatkah banjir Ngawi tahun 2009 ? padahal sebelumnya Ngawi tidak pernah banjir. dan secara geografis, Ngawi sangat kecil kemungkinannya terkena banjir. Tapi, ini mitos lho ?

7. Terdapat kerajaan dedemit / kerajaan mahkluk halus (Alas Srigati). 
baca ulasan alas srigati selengkapnya KLIK DISINI

8. Tempat ditemukannya Manusia Purba (pitechantropus)
Ngawi, tepatnya di Desa sekitar Trinil adalah situs ditemukannya Manusia Purba oleh warga asing. Di Museum Trinil ini anda dapat mempelajari beberapa Fosil Purba, termasuk nenek moyang anda. hahaha... Baca ulasan tentang Museum Trinil dengan KLIK DISINI..

9. Terdapat Benteng terbesar peninggalan Belanda (Benteng Van Den Bosch).
Baca ulasan benteng ini dengan KLIK DISINI

10. Ngawi sebagai daerah dengan budaya campuran mataram solo/yogya yang halus pembawaannya dan Jawa Timuran yang Keras.
Oleh sebab itulah budaya ngawi merupakan budaya percampuran Jawa Tengahan dan Jawa Timuran. Termasuk watak orang ngawi yang bisa halus dan kasar,.. heeee,....

Nah, itulah 10 SESUATU yang khas di Kota Ngawi Jawa Timur. Apakah di antara para pembaca mau menambahkan khas Ngawi lainnya ? Silahkan tulis di kolom komentar ya ..
Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi anda. Jangan lupa Klik like facebooknya, share dan berikan komentar anda. Terima kasih..

10 comments:

  1. ngawi tempatnya buah melon

    ReplyDelete
  2. luar biasa saya juga orang ngawi maju terus ngawi mampir gan ke blog saya toko online baju bola click toko online baju bola grade ori

    ReplyDelete
  3. aku sudah pernah ke tempat temenku di tambakboyo
    memang mantab itu Kripik tempe.. aku seneng hehe

    ReplyDelete
  4. ngawi....ngangeni...mampir ke blog ane gan,,,trims wal matursuwun..

    ReplyDelete
  5. ngawi .alfatihah .......!!!!!

    ReplyDelete
  6. Wonderfull Ngawi
    I proud to life in ngawi

    ReplyDelete

Berikan Komentar anda !