Cara mengecek Power Supply tanpa CPU

Punya power supply bekas, namun kita lupa apakah masih hidup atau sudah mati ? Bagaimana cara mengetest power supply hidup atau mati dengan mudah ? pertanyaan-pertanyaan itu sering muncul dari beberapa teman dan kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial cara mengecek power supply tersebut sudah rusak atau masih bisa digunakan. Cara ini tanpa menggunakan CPU atau Mobo, tetapi cukup dengan kabel AC yang dihubungkan pada power supply beserta sebuah kabel kecil. selengkapnya, berikut ini caranya :
  1. Siapkan power supply yang akan kita test
  2. raba dan cari socket kabel yang banyak itu (jangan pasang dulu kabel AC nya ke colokan listrik). ingat cukup diraba dan dilihat.
  3. Amati ada kabel warna Hijau dan hitam pada socket kabel yang banyak itu (jangan pasang dulu kabel AC nya ke colokan listrik)
  4. Colokkan kabel AC ke stop kontak (listrik)
  5. Nah, 2 warna kabel tersebut, hubungkan dengan sebuah kabel (anggap sebagai saklar on/off)
  6. jika kipas pada power supply menyala, kemungkinan sekian persen power supply masih dalam kondisi bagus. tetapi hal ini bukan jaminan untuk 100 % bagus.

Untuk mengetahui bahwa power supply masih fit 100 persen maka, anda harus menghubungkannya dengan mobo, lampu atau peralatan lainnya. Cara diatas adalah sekedar cara untuk mengecek power supply secara cepat. Cara di atas juga sangat membantu, jika kita mempunyai banyak power supply bekas dan ingin mengeceknya secara umum untuk kita pilah mana yang mati total dan mana yang tidak.
Nah, sekarang jangan lupa klik like facebooknya, satu klik sangat berarti demi kelangsungan blog ini, dan berikan komentar anda untuk memberikan kritik saran atau apapun,. terima kasih..

Keywords :
Cara mengetahui power supply normal atau rusak
Cara mengetest kondisi power supply
Cara mengecek power supply tanpa mother board
Cara mengetahui kondisi power supply tanpa menghubungkan dengan CPU
Kerusakan pada power supply
Cara memperbaiki power supply

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !