Mengatasi Printer Epson L 100, L110, dan Lseries lainnya ngeblink Orange Meski tabung tinta penuh



Printer Epson jenis L 100 / 110 atau sejenisnya terkadang mengalami lampu ngeblink. Lampu warna orange atau merah agak kuning ini kelap-kelip dan menunjukkan indikasi tinta habis. Pencet dan tekan aja tombol di dekat lampu orange tadi atau sebelahnya tombol power, maka normallah kembali printer Epson anda. Tetapi ini kasusnya lain. Kasus ini berawal ketika kami mendapatkan servisan dari pelanggan bahwa printer Epson L 110 nya dalam keadaan tangki tinta atau tabung tinta terisi penuh, masih bisa untuk mencetak atau ngeprint namun mengapa juga masih kelap-kelip ? seperti biasa saya melakukan Tanya jawab tentang keluhannya.
Kesimpulannya bahwa tabung tinta Printer L 110 miliknya menunjukkan garis batas habis, nah sesuai petunjuk diisilah tinta original bermerk Epson hingga penuh “sesuai petunjuk juga”. Tetapi begitu dinyalakan justru Printer Epson L110 nya ngeblink warna orange. Tanpa pikir panjang “sesuai petunjuk” stiker pada box printer bahwa “jika kelap-kelip ngeblink, tekan saja tombol resume nya maka akan kembali normal. Hal itu, ternyata diluar dugaan, printer tetap ngeblink orange dan menunjukkan tangki / tabung tinta habis.
Lalu bagaimana solusi mengatasi printer Epson L110 yang ngeblink lampu orange menyala sementara tangki / tabung tinta dalam kondisi penuh ? Berikut hasil dari pengalaman selama ini :
Segala Resiko ditanggung sendiri ya ! Tetapi cara-cara berikut ini sudah saya praktekkan semua.

Cara 1 :
Tekan dan tahan tombol resume didekat lampu orange (yang ngeblink tadi) selama 10 detik dan lepaskan. Biarkan printer melakukan charging tinta. Sudah berhasilkah ? jika belum pakai cara kedua berikut ini. 

Cara 2 :
Lakukan cara pertama, kemudian lakukan head cleaning. Sudah bisa kan cara melakukan head cleaning ? Jika belum, waduh payah juga. Tapi gak pa2, caranya : klik maintenance pada printer Epson anda dan pilih head cleaning. Kemudian gunakan untuk ngeprint beberapa kertas. Nah, sekarang sudah gak ngeblink kan ? jika belum berhasil juga, pakai cara ke 3

Cara 3 :
Jika cara 1 dan 2 gak mempan, lakukan cara berikut ; pertama tekan dan tahan tombol resume dekat lampu orange yang ngeblink tadi selama 5 detik. Biarkan catridge bergerak2 sendiri, tunggu hingga diam. Habis itu, lakukan lagi  tekan dan tahan tombol resume selama 10 detik. Lepaskan dan gunakan untuk ngeprint. Jika belum bisa juga pakai cara yang terakhir (cara ke 4)

Cara 4 :
Ini adalah cara yang terakhir alias pamungkas. Biarkan saja lampu ngeblink, toh masih bisa digunakan untuk ngeprint kan ? anggap aja itu lampu hiburan atau apalah, Kagak usah di gagas. Nanti lama kelamaan jika sudah ngeprint sekitar 50 an lembar, toh mati sendiri tu yang ngeblink.
Selamat mencoba.. dan semoga bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa klik like facebooknya di bawah ini ya. Berikan komentar, kritik, dan sarannya demi kesempurnaan blog ini. Terima kasih..

Keywords :
  • Cara mengatasi printer Epson L series eror ngeblink
  • Cara mengatasi printer Epson L100 L110 L 200 L210 L300 Lseries Ngeblink Lampu Orange kelap-kelip
  • Printer Epson L100 L110 L 200 L210 L300 tinta penuh ngeblink masih bisa untuk mencetak
  • Solusi Epson L series lampu orange menyala tetapi bisa untuk ngeprint


6 comments:

  1. Ditokokne domain Bro ben ganteng :) http://www.mas-sodik.web.id/

    ReplyDelete
  2. nanya gan epson l110 stela isis ulang tinta tidak bisa cleaning, dan tidak bisa print jg.lampunya menyala tetapi tidak berkedip. mohon pencerahanya gan.........

    ReplyDelete
  3. mas entho coba di reset pakai resetter epson L 110 download di google banyak tuh

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah... SUKSES dengan cara 1.
    Terima kasih brow...

    ReplyDelete
  5. gak berhasil mas bro... printernya gik bingung kali ya ...

    ReplyDelete

Berikan Komentar anda !