Membongkar Rahasia Tempe Kedelai



Semua orang pasti mengenal makanan yang satu ini. Ya, tempe adalah makanan favorit saya dan tentunya makanan yang merakyat karena murah. Jenis makanan yang satu ini sangat cocok dan berjodoh jika dipasangkan dengan lauk lainnya. 
Cerita ini berawal  ketika waktu dulu saya masih berjibaku dengan kuliah dan menginap di sebuah pondok pesantren kecil. Saat itulah sering kali pada jam malam membeli nasi pecel dengan sebuah tempe yang disebut tempe “kepleh”. Warung nasi itu dulu terletak di pojok perempatan Jeruksing Ponorogo, (sekarang masih ada nggak ya?jadi, kangen nich,..). Hampir seminggu tiga kali saya bersama teman-teman membelinya. Ketika itu harga sebungkus nasi plus tempe hanya Dua Ribu saja. Mengapa hampir seminggu tiga kali ? karena pada jam malam kami sering main kartu remi di Pondok, tapi tak pernah menggunakan uang lho ??  Ya,. Saya masih ingat betul saat itu. Karena rasa penasaran saya untuk mengetahui rahasia dibalik kenikmatan gorengan tempe yang disebut “kepleh itu”, saya menanyakan kepada sang penjual. Penjual itupun tanpa sedikitpun menutupi rahasia dibalik kenikmatan tempe keplehnya. Sebelum digoreng siapkan bumbu yang diulek, yaitu : Bawang putih, garam, tumbar, dan sedikit penyedap rasa. Nah, setelah itu masukkan pada tepung yang dicampur air. Terakhir berilah irisan daun jeruk dengan iris kecil. Daun jeruk inilah yang dapat menghasilkan rasa yang Mantab dari tempe goreng itu.
Setelah sekian lama menuntut ilmu dengan mengenyam kuliah  di kota Reog, begitu pulang, saya langsung mempraktekkan itu ilmu tempe. Seperti biasa, setiap pagi ketika sang Ibu sedang memasak dan menggoreng tempe, langsung saja saya berikan resep ini. Ternyata Waoww,. Memang betul, karena daun jeruk itulah tempe goreng jadi nikmat. Tapi, komentar dari Ibu ku pun keluar dan agak membuatku geli. “Oalaaah,.. Riiip.. riip.. di sekolahne, dikuliahne mbayar larang-larang kok amung oleh ilmu nggoreng tempe thok”…. Bisaa aja.. he.. hee..
Resep ini juga dapat menghilangkan rasa pahit pada tempe, karena terkadang jamur pada tempe terganggu kondisi kelembapan udara. Nah, bagi yang belum pernah mencoba, silahkan anda coba resep ini. Semoga anda berhasil menandingi tempe “kepleh” yang kami sebut itu,..  Bagi yang sudah pernah menggunakan resep ini, silahkan berikan tanggapan anda..

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !