Berita HOT :
Home » » Museum Trinil Ngawi Jawa Timur situs Purbakala

Museum Trinil Ngawi Jawa Timur situs Purbakala

Museum Trinil terletak di Jalan Raya Solo – Surabaya, Pedukuhan Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, kurang lebih 13 kilometer arah barat pusat kota Ngawi, dan untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan semua jenis kendaraan.Disini anda dapat melihat-lihat dan mengamati benda/fosil zaman purba, diantaranya :
  1. Fosil tengkorak manusia purba ( Phitecantropus Erectus Cranium Karang Tengah Ngawi )
  2. Fosil tengkorak manusia purba (Pithecantropus Erectus Cranium Trinil Area)
  3. Fosil tulng rahang bawah macan (Felis Tigris Mandi Bula Trinil Area)
  4. Fosil gigi geraham atas gajah (Stegodon Trigonocephalus Upper Molar Trinil Area), 
  5. Fosil tulang paha manusia purba (Phitecantropus Erectus Femur Trinil Area), 
  6. Fosil tanduk kerbau (Bubalus Palaeokerabau Horn Trinil Area), 
  7. fosil tanduk banteng (Bibos Palaeosondaicus Horn Trinil Area)
  8. Fosil gading gajah purba (Stegodon Trigonocephalus Ivory Trinil Area). 
Disamping itu masih ada beberapa fosil tengkorak : Australopithecus Afrinacus Cranium Taung Bostwana Afrika Selatan, Homo Neanderthalensis Cranium Neander Dusseldorf Jerman dan Homo Sapiens Cranium. Selain fosil-fosil tengkorak yang tersebut hal yang menarik lainnya adalah, adanya sebuah tugu tempat penemuan manusia purba. Wirodihardjo atau Wiro balung alias Sapari dari Kelurahan Kawu adalah seorang sukarelawan yang menyadari bahwa tugu itu mempunyai makna yang besar dan sangat berguna bagi penelitian selanjutnya. Ia berpendapat begitu, karena ia telah menyaksikan ekspedisi atau penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan setelah penggalian yang dilakukan E.Dubois dan Salenka. Orang asing atau mahasiswa datang silih berganti untuk melakukan ekspedisi yang tentunya dengan biaya yang mahal. Oleh karena itu, sebagai putra daerah tersebut, ia merasa ikut bertanggungjawab atas kelestarian tempat itu.
Oleh pemerinah daerah setempat lokasi ini juga telah dilengkapi fasilitas taman yang nyaman bagi keluarga. Lengapi paket wisata di Ngawi dengan mengunjungi juga di Benteng Pendem Belanda Van Den Bosch.
Jangan lupa klik like box facebooknya dibawah ini dan berikan komentarnya.
Bagikan Artikel ini :

Poskan Komentar

Terima Kasih dan Salam Silaturahmi..