7 Tradisi Unik Lebaran yang hanya dijumpai di Indonesia



Indonesia memang Negara yang kaya akan budaya. Hal ini dipengaruhi oleh bermacam-macam suku, ras dan latar belakang lainnya yang tinggal di Indonesia. Beberapa tradisi atau budaya unik khas lebaran pun juga hanya ada dan terjadi di Indonesia. Nah berikut ini 7 Tujuh
      1. Tradisi Mudik lebaran
Tradisi ini sebagai pemandangan unik setiap menjelang lebaran. Mudik atau pulang kampung biasanya berlaku bagi mereka yang bekerja di luar daerah ataupun mereka yang hanya sekedar ingin mengunjungi sanak saudara di kampong halaman. Tradisi ini hanya ada di Indonesia lho ?? Nah, bagi anda yang termasuk pemudik,. Jangan lupa THR manfaatkan dengan baik, misalnya,. Mendonasikan sebagian THR anda untuk penulis.. hahaha,..
      2. Ketupat
Tradisi membuat ketupat sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Khususnya orang Jawa. Ketupat ini juga makanan Khas lebaran dan hanya dijumpai saat lebaran tiba. Berbagai model dan bentuk penyajian ketupay juga menambah unik makanan khas Indonesia ini. Bagi anda yang belum sempat membaca mengenai Sejarah asal-usul ketupat, anda bisa membacanya dengan KLIK DISINI.
      3. Halal bi Halal
Acara halal bi halal hanya ada di Indonesia. Di Arab Saudipun tidak ada Halal bi Halal. Nah, nama halal bi halal ini meski mengandung arti yang agak aneh, namun menjadikan acara yang sangat baik untuk menjalin silaturahmi sesama umat Islam.
            4. Mengirim hantaran / punjungan
Tradisi mengirim hantaran biasanya ramai dilakukan ketika menjelang lebaran. Ada yang mengirim sanak saudara, tetangga, teman dan handai taulan dengan berbagai jenis makanan, Rantang, bahkan berbagai jenis makanan pokok sembako seperti gula dsb. Hantaran atau Orang jawa menyebutnya ater-ater biasanya dibalas dengan memberikan uang saku kepada si pemberi hantaran. Jadi,. Ingat waktu kecil neh.. dapet uang saku banyak.. buat beli baju baru…hehehe..
       5. Selamatan maleman
Selamatan menyambut datangnya lebaran juga hanya dilakukan di Indonesia. Hal ini sebagai perwujudan sodaqoh terhadap sesame. Di dalamnya mengandung nilai-nilai sosial tinggi. Bagi yang mengharamkan selamatan, jangan CEREWET ! lihat dan kaji dulu dengan seksama.. asalkan tidak menyalahi agama, sah-sah saja kan ? lagi pula,. Berkat (makanan selamatan) Uenak Bianget lho ??
     6. Pukul Bedug takbiran
Bedug atau alat music pukul yang terbuat dari kayu dan membrane dari kulit hewan ini dilakukan oleh para Wali Songo jaman dulu dan tetap dilestarikan sampai sekarang. Di Masjid-masjid dan mushola biasanya Takbiran dengan meukul Bedug atau sejenisnya. Tradisi unik ini juga hanya ada di Indonesia.
      7. Baju Baru
Membeli baju baru untuk menyambut Lebaran biasanya dilakukan oleh sebagian besar orang-orang Indonesia, kecuali orang-orang miskin yang tak kuat membeli baju baru. Tradisi ini tidak ada di Luar negeri, mengapa ? karena secara ekonomi, orang luar negeri lebih mapan. Jadi, membeli baju barunya tidak satu tahun sekali seperti orang-orang Indonesia. Nah, jika orang Indonesia membeli baju baru, biasanya satu tahun sekali (tanpa ada maksud menghina, tetapi biar Pemerintah peka). Kondisi ekoonomilah yang melatar belakangi tradisi ini.

Indonesia memang Negara yang menyimpan keunikan. Jadi, berbanggalah menjadi warga Negara Indonesia. Yang pasti selamat berlebaran. Jangan lupa Klik like facebooknya di bawah ini. Dan berikan komentar anda. Satu Klik sangat berharga bagi kami. Terima Kasih…….

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !