Membuat Pelumas dari Daun Randu Ternyata ter-uji ?

Assalamu'alaikum ..
Hidup di Indonesia memang sangat menyenangkan, karena kita sering menemukan hal-hal unik. Termasuk kekayaan alam yang berupa tanaman maupun sumber daya lainnya. Seperti kebiasaan anak-anak kecil jaman dulu yang suka bermain pasar-pasaran (jual-beli) yang entah secara kebetulan atau tidak menjual minyak dari bahan daun randu. Ya,. memang hasil perasan daun randu ini mirip sekali dengan minyak. Dia kental, licin dan warnanya pun seolah mirip sekali dengan pelumas.
Seiring berjalannya waktu, dibenak saya sempat berfikir apakah perasan Daun Randu yang mirip persis dengan pelumas atau minyak itu dapat digunakan untuk pelumas sepeda motor ? Mencegah aus dari dua benda yang bergesekan ? atau pemanfaatan lainnya ? ternyata pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat membuat gejolak di hati. Apalagi setelah hampir terjawab dengan beberapa penelitian. Berikut diantaranya :
  1. Kombinasi Daun Randu dan Minyak Jelantah : Ekstrak dari daun kapuk randu mengandung Flavonoida, Saponin dan Tanin yang berfungsi sebagai antioksidan penangkap radikal bebas penyebab peroksidasi lipid, meminimalkan keausan, mengurangi gesekan, membersihkan mesin, mencegah karat, meningkatkan indeks kekentalan pelumas sehingga pelumas tetap mudah mengalir pada suhu rendah dan tidak encer pada suhu tinggi. Parameter uji yang dilakukan untuk mengetahui kualitas pelumas yaitu densitas, viskositas, titik nyala dan titik api. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelumas dari minyak jelantah dan ekstrak daun kapuk randu mengalami kenaikan kualitas. Hal ini ditunjukan oleh penurunan densitas, titik nyala dan titik api, serta kenaikan viskositas. Pelumas yang mendekati karakeristik dari pelumas Castrol yaitu pada komposisi 0,1 % yang telah memenuhi standar dengan densitas 0,868 gr/mol, viskositas 20 cSt, Titik Nyala 227oC, dan Titik Api 248oC.(sumber : Tesis Politekhnik Sriwijaya, Anazia Fitriani)
  2. Menyembuhkan Luka : Daun Randu atau daun Kapuk ternyata dapat juga digunakan untuk menyembuhkan bekas luka. Caranya dengan membersihkan bagian tubuh kita yang terdapat bekas luka dengan air hangat. Lalu, Daun randu digosokkan berulang-ulang pada bekas luka, kemudian dibersihkan dengan sabun. lakukanlah secara rutin , bekas luka pun  dapat segera hilang. Dengan demikian berarti daun randu ini mempunyai suatu zat penyembuh bekas luka. Artinya, mengandung sejenis bahan kosmetik, dan bearti pula mengandung sejenis minyak.
  3. Biodiesel berbahan tanaman Randu : Minyak dari biji randu ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk biodiesel. Seperti pembuatan biodiesel pada umumnya, tanaman ini dapat pula dimanfaatkan sebagai biodiesel. Hal ini tentu lebih menguatkan bahwa tanaman randu mengandung minyak seperti layaknya bahan bakar.
  4. Buah kapuknya sangat empuk jika digunakan untuk kasur
  5. Buahnya dapat dimakan langsung : Nah, yang ini pengalaman saya waktu kecil. Memang buah randu yang masih muda ini sangat enak rasanya. Selain manis juga cocok untuk camilan sambil naik di atas pohonnya. haha,. tapi, ternyata dengan memakannya langsung, justru dapat mencegah beberapa penyalit karena kandungan anti oksidan dari buah randu ini.
Dari berbagai penelitian dan manfaat daun randu atau daun kapuk di atas,kita dapat menyimpulkan bahwa tanaman baik itu Daun randu, biji randu, maupun bagian lainnya dari pohon randu ini tidak sembarangan dan mengandung zat yang luar biasa. Semoga dengan pengembangan yang lebih serius dapat menghasilkan temuan lain dari daun randu ini. Bahkan kemungkinan dapat benar-benar tidak ragu untuk menggunakan pelumas berbahan daun randu. Namun, seringkali juga masyarakat justru menebangnya. Karena pohon ini begitu besar dan jika terjadi angin berbahaya jika roboh. heran juga ya ?
Jika anda mempunyai pengalaman, temuan atau sejenisnya dari daun, biji, maupun bagian lain dari pohon randu, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Atau anda dapat membuka tempat diskusi dengan KLIK DI SINI.
Jangan lupa klik like facebooknya dan facebook fans page di bawah ini. Terima kasih.. tetap berkarya !

Keywords :
pemanfaatan daun kapuk randu
manfaat kapuk randu
pelumas dari daun randu
miyak dari daun kapuk randu
biodiesel dari kapuk randu

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !