Keunikan jati diri sebuah pohon yang jarang diketahui orang

Pohon, ya,. makhluk hidup yang satu ini memang memiliki sederet keajaiban dan keunikan. Bahkan,. di jaman kuno dulu sering disembah oleh manusia. Kepercayaan terhadap pohon yang mempu memberi keberuntungan dan kesialan. Pernahkah kita berfikir dan mengamati serta merenungi jati diri sebuah pohon ? Nah, dalam kesempatan kali ini kami ingin sekedar berbagi, dan berfikir bersama untuk merenungi keunikan sebuah pohon yang ternyata memendam segudang catatan-catatn yang layak untuk kita ketahui.
Pohon seperti yang dituturkan dalam kisah Tutur Tinular saat Wirot (saudara seperguruan Arya Kamandanu) yang setelah hampir 10 tahun tidak bertemu dengan Kamandanu tiba-tiba saja bertemu dalam suatu hutan. Disitulah Wirot mengumandangkan sebuah Syair tentang Jati diri sebuah Pohon,.berikut isinya :
Mengapa engkau mau diciptakan menjadi pohon
Kau diam,
Kau tidak bergerak,
dan Kau terpaku disini
Kau tidur disini
Kau bernafas disini
Kau makan disini
dan bahkan Kau Buang kotoran disini
Kau Pasrah jika ditebang dan dipenggal
Tapi, ternyata kau,..
Meski kau tak bergerak,
Kau tak beranjak dari tempatmu
tapi kau senantiasa tak pernah kekurangan
kau bisa makan tanpa berjalan
kau bisa hidup meski kau tak beranjak selamanya
Enak juga kau pohon,.

dari jati diri pohon di atas, kita dapat merenungkan pada diri manusia. Manusia begitu sombong dan begitu mudah mengatakan bahwa dirinya adalah manusia terhebat. Cobalah berfikir pada diri kita, persoalan pokok yaitu makan, hebat mana pohon yang diam tak bergerak dengan manusia yang selalu merasa kurang ? disamping itu, setiap detik pernafasan kita selalu tak lepas dari peran sebuah pohon itu sendiri. Berkat pohonlah dan atas kuasa Sang Pencipta yang menjadikan pertukaran udara menjadi layak untuk kita hirup.
Semoga kita bisa  mengambil hikmahnya... jika ciptaan Tuhan sedemikian hebatnya, apalagi Sang Pencipta yang menciptakan pohon ? tentunya lebih hebat.
jika anda ingin mengoleksi kisah arya kamandanu anda dapat mendownloadnya gratis KLIK DI SINI
Jangan lupa klik like facebooknya dan berikan komentar anda sebagai wujud kepedulian anda.. terima kasih

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !