Uniknya Pencak Silat Indonesia ditakuti Dunia "memori anak indonesia tanpa gadget"





Inilah bumi Indonesia yang kaya akan beraneka seni dan budaya. Hampir setiap tempat, setiap sudut di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah seni bela diri. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa orang-orang asing menjadi berfikir dua kali ketika menghadapi orang-orang Indonesia. Karena Orang Indonesia tidak pernah ada rasa takut. Berani duel dengan fair. Bahkan, tanpa senjata pun berani. inilah jiwa asli orang Indonesia. Beberapa tokoh yang terkenal silatnya dan hidup pada zaman penjajahan adalah bukti bahwa bela diri pencak silat Indonesia benar-benar diakui kehebatannya. Sayangnya media-media televisi, Komik, cerita-cerita lebih sering mengangkat Bela diri dari luar negeri. Hal ini seolah-olah bela diri Luar Negeri  lebih hebat dari Pencak Silat Asli Indonesia.
Nah, Masih ingatkah ketika anda masih kecil dan lahir sekitar tahun 1980-an ? saat itu pernah booming anak-anak Indonesia belajar bela diri. Bahkan, beberapa anak-anak kala itu dengan bangga dan bersemangat berlatih sendiri tanpa guru ? Hemmm... iya tanpa guru.. Berbagai tayangan di televisi (masih jarang yang punya TV saat itu ), sedang populer serial Kungfu Master, Jurus Wiro Sableng, Ulat Sutera, Ninja, dll membuat anak-anak Indonesia ikut-ikutan mempelajari Jurus-jurus Silat tersebut. Banyak sekali buku-buku silat yang dijual di Pasar-pasar, toko buku,  Pasar Malam, bahkan di Acara Pesta Hajatan pernikahan. Dengan harga yang saat itu sekitar 5 ribu-10 ribu, ( kalo saya sih patungan dengan teman tetangga sebelah) kita sudah dapat memiliki Buku-buku silat tersebut. Lalu sering kali kita pelajari sendiri di ladang, sawah, bahkan latihan bersama teman dengan membawa buku itu di Sungai/ kali dengan penuh semangat. Hebatnya lagi, sering meniru pakaian sang pendekar, termasuk tali pada kaki dan lengan.
Beda sekali dengan anak jaman sekarang yang lebih cenderung hobi maen HP.
Mungkin hal inilah yang mempengaruhi watak anak-anak jaman dulu yang cenderung lebih BERANI, TANGGUNG JAWAB, TIDAK CURANG, dan TAHAN UJI terus TIDAK CENGENG. coba bandingkan dengan anak-anak sekarang yang keberaniannya dibentuk lewat game HP. hemmmm...
Nah, berikut ini beberapa BUKU SILAT yang sering ada di Pasaran saat itu (Tahun 90-an)

Saya Ingat betul waktu itu belajar dari Buku Jurus Bangau dibeli dari Pasar "Samben"
 
Sayangnya koleksi buku-buku silat kala itu sekarang sudah langka dan penjualnya pun juga tidak sebanyak waktu era 90-an. Namun, jika anda berminat memiliki kembali sambil bernostalgia dengan buku-buku silat lawas itu bisa koq anda dapatkan lewat berbagai situs jual beli di Internet.














1 comment:

Berikan Komentar anda !