Misteri Watu Lawang “Batu Aneh” di Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi



Watu yang dalam bahasa Indonesia berarti Batu, dan Lawang yang berarti Pintu merupakan salah satu tempat yang dianggap mempunyai kekuatan mistis bagi warga sekitar. Watu Lawang merupakan dua buah batu besar yang terletak di Desa Dero, tepatnya Dero Lor atau sebelah selatan Waduk Pondok Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi.
Tempat ini sudah ada sejak jaman dahulu, yang menurut warga sekitar sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Batu yang terbentuk ini merupakan pintu ghaib menuju Gunung Pandan. Beberapa orang bahkan mempunyai kepercayaan bahwa tempat ini menyimpan berbagai tuah. Diantaranya, untuk penglarisan, kelancaran usaha dan sebagainya. Hal ini bisa dilihat dari bekas bunga yang digunakan untuk nyekar di tempat ini. Kami sempat bertanya kepada pencari rumput yang kebetulan berada dilokasi ini. Menurutnya, barang siapa mempunyai niatan jelek atau tidak sopan di tempat ini maka tidak bisa untuk melewati/ melintas dan berjalan di antara dua batu tersebut. Suasana yang sepi menambah rasa angker di tempat ini. Bahkan, anak-anak kecil dilarang untuk bermain-main di tempat ini karena menurut mitos si anak akan kesurupan ataupun hilang di bawa makhluk ghaib.
Untuk menuju lokasi ini, kita dapat melewati jalan Dusun Kaliwangon, Desa Dero lurus ke arah utara. Namun, akses jalan tidak dapat dilewati dengan sepeda motor. Kita harus berjalan kaki menyusuri pinggiran sungai anak bendungan Waduk Pondok. Setelah anda berjalan kaki sekitar 1 km, maka nampak dari kejauhan Pohon rimbun yang tumbuh di atas watu (batu) ini. Memang pada zaman dahulu lokasi ini berada di antara hutan lebat. Namun, sekarang pohon-pohon yang menutupinya sudah tidak ada.
Dari lokasi Watu Lawang ini, jika kita berjalan lurus ke arah utara maka kita akan bertemu dengan Sendang atau Beji yang merupakan sumber mata air keramat di area Waduk Pondok. Pemandangan di sekitar lokasi ini cukup lumayan bagus dan kita juga bisa membawa peralatan memancing untuk sekedar melampiaskan hobi di sungai dekat Watu Lawang.
Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan menjadi alternatif kunjungan wisata anda. Berikan like dan komentar tentang Watu Lawang ini di kolom komentar. Jangan lupa share jika informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Berikut adalah Video Misteri Watu Lawang :



No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !