Kisah Wayang, Pernah Hidup ?Nyata Adanya ? Asli Jawa ?

Wayang,..
Seni tradisional yang satu ini memang sudah menjadi salah satu kesenian yang mendunia.  Kisahnya pun penuh dengan makna dan pesan dari seni wayang ini memang diakui menjadi suri tauladan yang pantas untuk di ambil hikmahnya dari para penonton pagelaran ini.  Seni wayang yang ada di jawa ini memang tidak bisa lepas dari sosok para Wali Songo sebagai penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Melalui media kesenian inilah, Agama islam disebarkan. Memang pada saat itu sulit untuk memberikan penjelasan bagaimana prinsip Tuhan Yang Maha Esa kepada mereka yang masih awam tentang agama. Kecerdikan Para Wali inilah yang mencoba memberikan pengetahuan hakikat beragama.
Namun, mengapa kisahnya berisi tentang Mahabarata seperti di India. Nama tokoh wayang pun banyak yang sama dengan kisah Mahabarata India. Tetapi, versi Jawa ini lebih komplit, karena terdapat tokoh Punakawan. Sebenarnya apakah Kisah pewayangan ini apakah diambil dari sastra India dan nenek moyang kita membawanya ke Jawa? Dari mana sih kisah wayang ini diambil ?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering mengganggu pikiran saya, dan menghasilkan kerangka yang masih juga berbau tanda Tanya semacam berikut :
  1. Kisah Wayang dalam cerita ini menggambarkan keadaan hutan, konflik dan setting seperti dalam kehidupan orang jawa pada umumnya. Kesimpulan awal, berarti Mahabarata dalam kisah wayang ini adalah asli dari Indonesia dan jawa lah tempatnya.
  2. Nama-nama tokoh dalam Mahabarata, cobalah anda sedikit menganalisa, mengapa nama-nama tersebut justru berbau orang Jawa ? Tidak ada yang bernama seperti nama India ? Karno, Broto, Bimo, dan seterusnya. Jawa Banget kan ?
  3. Bangsa India setahu saya adalah bangsa Penulis Sastra, kemungkinan mereka menulis kisah Mahabarata dengan melihat kejadian yang ada Kerajaan Jawa. Jadi, mereka sekedar menulis yang mereka lihat dan membawanya pulang.
  4. Kalau kisah mahabarata ini dari India, mengapa versi Jawa lebih komplit ?
  5. Jawa pada saat itu menurut saya memang miskin dokumentasi. Karena mereka tidak berfikir untuk menulisnya sendiri dan membukukannya. Lihat dan baca juga “Kapal-kapal Majapahit telah memasang Meriam Besar dengan armada modern di kapalnya untuk berlayar ke China”.
  6. Lalu, apakah kisah wayang itu benar nyata adanya ? Apakah tokoh-tokohnya juga pernah hidup dalam kehidupan nyata ? Haduh,.. inilah yang membuat kepala saya makin bingung. Sekilas menurutku sih memang pernah ada nyata dan hidup pada zamannya. Hal ini saya lihat dari kehidupan sejarah Kerajaan Kuno jaman dulu. Tetapi, dalam hal ini saya juga miskin referensi.
Sejarah memang selalu ditulis oleh pemenang. Dan pertanyaan-pertanyaan di atas masih juga menjadi sebuah tanda Tanya besar dalam benak saya. Mungkin disini, para pembaca dapat memberikan opini untuk membantu saya dalam meraba persoalan dan menemukan sedikit pencerahan kepada saya. Lagi-lagi pengetahuan terbatas dalam diri saya tidak mampu untuk membuat pandangan yang ilmiah.

Terima kasih kepada para pembaca yang sudi kiranya untuk menuliskan pandangannya dalam kolom komentar di bawah. 

1 comment:

Berikan Komentar anda !