Anehnya,.. Situs Budaya Asem Legi di Karangjati, Ngawi





Lokasi situs Asem Legi berada di wilayah BKPH Rejuno pada petak 102e dengan luas 2,4 ha kelas Hutan LDTI . Atau berada di sebelah utara Kantor Desa Rejuno. Desa Rejuno termasuk dalam wilayah Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Untuk mencapai Desa Rejuno atau situs Asem Legi ini anda dapat melalui Rute Jalan Raya Ngawi-Caruban dan setelah sampai pada Pasar Legundi (beberapa orang menyebutnya Pasar Pahing Karangjati), berbelok ke arah utara hingga anda akan bertemu dengan Pos Penjagaan Perhutani. Nah, sesampai pada Pos Perhutani, berbelok kea rah timur 100 m. Di situlah lokasi situs Asem Legi. Jika anda bingung, anda dapat menanyakan pada warga setempat. Untuk akses jalan cukup lumayan bagus, karena kondisi jalan sudah beraspal.

Mengenai asal-usul atau sejarah situs Asem Legi ini mempunyai beberapa versi. Namun, pada intinya sama. Bahwa, di tempat inilah sang Harjuna melepaskan anak panah kepada Raja Raksasa (Buto), karena raksasa tersebut sedang mencari korban untuk dimakan. Panah Sang Harjuna yang memanah Raksasa Buto tersebut beberapa mengenai daun Jati (Pohon Jati Jawa) yang menyebabkan daun-daun jati tersebut berlubang. Hingga kini, jenis pohon jati tersebut pasti berlubang daunnya walaupun daunnnya masih kecil. Pohon Jati dengan daun berlubang ini oleh masarakat sekitar disebut Jati Arjuno ( Jati Harjuno). Keberadaan Pohon Jati Arjuno ini sekarang hanya tinggal beberapa pohon saja dan tumbuh di wilayah hutan sekitar Kali Gedhe ( Kedung Gedhe ). Di Kedung Gedhe inilah sang Raksasa Buto yang saat itu sedang berkaca di sungai ( Ngilo = bahasa jawa ), sehingga tempat Ngilo/ berkaca ini disebut Dung lo.
Setelah dipanah berkali-kali oleh Harjuno, sang Raksasa Buto akhirnya terkena anak panah tepat di punggungnya tetapi tidak menancap dalam, darah menetes dan berceceran di tanah. Sang Raksasa Buto meraung dan berlari dengan kondisi terpanah. Sepanjang jalan darah menetes tersebut akhirnya menjadi cikal bakal daerah Lemah Abang. Sang Raksasa Buto juga mempunyai kesaktian yang luar biasa dan tidak mudah untuk mati begitu saja.
Sang Harjuna terus memburu Raksasa tersebut dan mengejarnya sambil terus melepas anak panahnya. Beberapa anak panah meleset dan mengenai batu padas. Batu yang terkena panah Arjuna seketika pecah karena kesaktiannya. Tempat tersebut kemudian dinamakan Padas Pecah. Tidak mudah memang untuk membunuh Raksasa Buto, hingga sang Harjuno pun berfikir dengan cara apa lagi untuk membunuh Raksasa Buto ini. Tempat berfikir (Nggalih = jawa) tersebut kemudian menjadi wilayah Sumber Galih. 
Singkat cerita, Raksasa Buto tersebut dapat terbunuh dan mati saat istirahat karena kecapekan akibat terus dikejar-kejar oleh Harjuna. Saat istirahat berbaring inilah sang Raksasa Buto di panah tepat dan akhirnya sang Raksasa pun mati. Tempat terbunuhnya Raksasa Buto ini oleh masyarakat disebut sebagai wilayah Desa Klino yang berasal dari kata (bahasa jawa) Lino / Leno = Mati / tidak waspada.

Demikianlah, sejarah / asal-usul Asem Legi Desa Rejuno. Memang menurut penuturan warga, dahulu setiap orang jahat dan sakti berbadan besar itu disebut dengan Buto. Percayakah anda ? semua kami kembalikan kepada anda semua, karena memang tanah jawa ini kaya akan hal-hal mistis. 
Setiap malam jum’at legi tempat ini banyak dikunjungi untuk ngalap berkah. Karena konon, banyak Pusaka yang berada di tempat ini. Sebagian orang beranggapan bahwa, sesuatu yang tidak terlihat itu mustahil dan bohong belaka. Namun, kita harus akui bahwa sesuatu yang tidak terlihat itu adalah memang kekurangan kita. 
Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini.

Sumber : Penuturan warga sekitar (Ibu Minuk), Pamflet Sejarah Asem Legi

Jangan lupa klik like, bagikan, dan berikan komentar anda pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.
Anda juga dapat menonton VIDEO SITUS ASEM LEGI dengan klik di sini.


No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !