Lurah Desa Dungmiri Kec. Karangjati dari Masa ke Masa

Lurah atau Pemimpin Desa.. Suatu Jabatan yang diidamkan beberapa orang. Padahal menjadi Kepala Desa adalah suatu tampuk kepemimpinan yang diharapkan oleh rakyatnya menjadi seorang pemimpin yang bijaksana, mampu menyejahterakan rakyatnya dan tidak membuat Wong cilik semakin terjepit. Paling tidak jangan membuat rakyat menjadi objek pemerasan. INGAT ! Seorang pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban apa yang dipimpinnya.
Nah, penasaran siapa LURAH atau KEPALA DESA DUNGMIRI dari masa ke masa ? Berikut daftar Lurah atau Kades Desa Dungmiri dari yang pertama sampai sekarang. Sebenarnya sih secara istilah, antara Lurah dan Kades itu berbeda arti. Tetapi sebagian masyarakat lebih senang populer memanggil dengan sebutan Lurah.
1.       MBAH GEMPO
Mbah Gempo menjadi lurah desa Dungmiri sebelum sistem pemerintahan kemerdekaan. Karena Mbah Gempo memimpin Desa pada zaman penjajahan. Menurut beberapa sumber Mbah Gempo dilahirkan di Dusun Klanding, dan menjadi satu-satunya lurah dari Dusun Klanding yang memimpin Desa Dungmiri. Setelah kepemimpinan Mbah Gempo, tidak ada lagi Lurah / Kades dari Dusun Klanding. Mungkin, suatu saat penulis bisa menjadi Lurah kali ya ?? Sehingga muncul lagi Lurah dari Dusun Klanding.
Menurut cerita warga, Mbah Gempo ini menjadi lurah beberapa tahun kemudian memustuskan untuk berpindah ke Dusun Dungmiri 2 ? Katanya sih, selama memimpin Desa, Dungmiri mengalami Pagebluk (malapetaka). Nah, dengan berpindahnya Mbah Gempo ke Dungmiri menurut kepercayaan masyarakat pada saat itu, dapat menghindari musibah. 

  1. Periode Pertama MBAH KERTO DRONOMbah Kerto Drono menjabat sebagai lurah pertama dalam sejarah Desa secara admistratif. Karena sebenarnya sebelum Mbah Kerto Drono, pernah ada seorang pemimpin Desa yaitu Mbah Gempo yang disebut-sebut sebagai lurah pertama sebelum yang pertama. Dengan artian, lurah sebelum sistem pemerintahan kemerdekaan.
  2. Periode Kedua MBAH KARTO WIYOTO
  3. Periode  Ketiga SIYUN HADI SUPRAPTO
  4. Periode  Keempat GUNADI HARTONO
  5. Periode Kelima BAMBANG SUPARIYANTO
  6. Periode Keenam BAMBANG SUPARIYANTOBapak Bambang Supariyanto mengakhiri masa jabatannya pada pertengahan tahun 2013 karena sudah 2 periode menjabat sebagai Kepala Desa. 
  7. Periode Ketujuh SRI KASIYANTOBapak Sri Kasiyanto dipilih secara langsung oleh Warga Desa Dungmiri pada tanggal 27 Juni 2013. 
Nah, setelah anda membaca Lurah atau Kepala Desa Dungmiri dari masa ke masa, anda semakin tahu dan menambah wawasan anda tentang Desa Dungmiri. 
Jangan Lupa berikan komentar dan klik like facebooknya dibah ini sebagai donasi terima kasih anda kepada blog ini.. Thanks..
*berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !