Cara Membuat Kompor Tenaga Matahari dengan Kardus Bekas

kompor tenaga surya dengan berbahan kardus bekas mungkin baru kali ini anda dengar. Biasanya, kompor tenaga matahari ini dibuat dengan beberapa kerangka dan cermin. Tetapi, kompor tenaga matahari yang saya buat ini menggunakan bahan yang mudah di dapat. Yap, disini saya akan menyulap Kardus bekas menjadi sebuah kompor tenaga surya yang dapat anda praktekkan di rumah anda, atau saat anda berkemah. Yaah,. mudah2an bapak presiden atau para dermawan mau dan berhasrat untuk merekrut saya melalui pemanfaatan kardus ini. Siapa tau saya diberikan gelar "Kalpataru" eh, salah,.. itu kan gelar kebersihan. Yang jelas kompor sederhana namun canggih ini tidak memerlukan minyak tanah, bensin, elpiji, atau sejenisnya. Karena kompor ini tanpa,. Ingat ! TANPA menggunakan energi sejenis BBM. Timbang kesuwen (daripada kelamaan.red) berikut cara membuat kompor tenaga surya berbahan kardus bekas.

Bahan :
1. Kardus bekas
2. kertas timah/kertas emas/perak atau jika tidak ada ya kertas yang permukaannya mengkilap. Di toko banyak kok. beli aja di Toko ASSAMEDA, jl. Samben-paras Karangjati Ngawi. Paling sekitar 1.500 an rupiah aja.
3. Lem kertas. kalo tidak ada bisa diganti Butir nasi.. haha..

Alat :
1. Gunting
2. Pisau/cutter
3. Air dalam panci kecil (untuk dimasak nanti)

CARANYA :
1. Berdoalah dengan membaca BASMALAH,.. Bismillahirrohmaanirrohiim.... Baca alfathah dengan lengkap lebih baik. Atau anda dapat membaca Surat Al Waqi'ah dulu. Maksudnya biar nambah pahala gitchu,..
2. Siapkan kardus bekas dan tempelkan kertas timah/perak tadi ke masing-masing bagian yang saya beri tanda A,B,C dan D. Lihat gambar 1 dibawah ini.

3. Jika ukuran kardus tidak sesuai, potonglah dan sesuaikan dengan prinsip pantulan sinar matahari dengan titik fokus pada tengah panci.
4. taruhlah kardus tenaga surya tersebut pada tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Sebaiknya lihat gambar 2 berikut ini.

5. Masaklah air dan saatnya bilang.. SEMPURNA !

Catatan : - perhatikan ke-Fokusan sinar pantul matahari
              - Jauhkan dari jangkauan Balita, karena kompor ini menyilaukan mata dan panas. Anda dapat memakai kaca mata hitam agar tidak silau saat memasak dengan kompor ini.

Nah, terakhir,.. berikan komentar, kritik/saran anda pada kami dengan berkomentar dibawah ini. Jangan lupa Klik like facebooknya. Anda juga dapat terus mengupdate trik, tips dan berbagai info menarik lainnya dari kami dengan berlangganan via e-mail. Caranya,. masukkan e-mail anda di samping kanan ini. tenang aja .. Gratis koq..

Keywords :
Kerajinan dari bahan bekas kardus
Cara membuat Tekhnologi Tepat Guna
Cara membuat kompor tenaga surya sederhana
Kompor berbahan kardus bekas
Kerajinan tangan yang dapat menghasilkan uang

8 comments:

  1. kreatif bro tp nunggu mateng sedeng jenggoten karo lumuten haha

    ReplyDelete
  2. Bagusnya lagi jika sedang menunggu memasak air kita baca yasiin dulu.. :v

    ReplyDelete
  3. Ok good job
    is easy To try
    i want try now

    ReplyDelete
  4. Ok good job
    is easy To try
    i want try now

    ReplyDelete
  5. Trimksih, keren otaknyaa... heheh

    ReplyDelete

Berikan Komentar anda !