Download Buku Kitab Serat Primbon Jangka Jayabaya terjemah Bahasa Indonesia


Jayabaya adalah seorang tokoh yang di percaya sebagai seorang pemimpin kerajaan Kediri. Banyak orang meyakini bahwa Serat Jayabaya Jangka Sengkala merupakan manuskrip kuno yang masih relevan dengan kehidupan sekarang. Terlebih masyarakat jawa yang sebagian besar masih menjunjung tinggi ajaran luhur nenk moyangnya.

Tulisan Jayabaya ini berbahasa Jawa  dan berbentuk prosa. Beberapa menyebutnya sebagai ramalan Joyoboyo. Namun, menurut saya, sebenarnya bukan ramalan. Tetapi, tata krama kehidupan dan ajaran nilai-nilai luhur yang harus di pegang teguh oleh umat manusia dalam berkehidupan agar selalu selaras dan seimbang dengan alam dan Sang Pencipta.

Berikut adalah Primbon Jangka Jayabaya Terjemah Bahasa Indonesia agar para pembaca mudah untuk memahami dan mengerti maksudnya. Kitab ini, admin peroleh dari seorang keturunan (cucu) almarhum pelaku spiritual yang menyimpan Kitab ini secara turun temurun. Kakeknya di masa kemerdekaan (1945) hingga semasa hidupnya, memang terkenal sebagai seorang tokoh desa yang memegang kendali pemikiran warga (menjadi tokoh yang disegani). Panjang sebenarnya kisahnya, namun untuk menjaga privasi kami tidak mengutarakannya terlalu panjang lebar.

Berikut adalah Primbon Jayabaya yang telah kami scan agar mudah di baca



>

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !