Cerita dibalik printer Epson T13 yang tiba-tiba berubah menjadi L100 dan lain-lain

Alloh maha pemberi petunjuk, dan semua ini terjadi karena Alloh,. Terima kasih ya Alloh,. ini sebuah pengalaman yang tak terlupakan..
Kemarin (hari senin, 16 september 2013 adalah sebuah hari yang membuat saya terheran-heran. Ini adalah pengalaman pertama kali saya yang sama sekali tidak saya duga. Pada saat itulah Printer T13 saya mati total. Setelah semua saya cek, ketemulah kerusakannya. Yaitu pada Mainboard printer T 13 nya. Tanpa pikir panjang, aku cari saja mainboard bekas T13 yang kebetulan masih terpasang di Printer T13 satunya yang masih normal, tetapi headnya udah rusak. Nah,. seperti biasanya,. mainboard saya lepas kemudian saya ganti. Semua socket sesuai biasanya. Printer saya nyalakan. Alangkah kagetnya, di layar monitor, printer tiba-tiba terdeteksi sebagai printer Epson L100. Seribu tanya muncul dari kepala saya. Aneh, padahal ini mainboard asli punya T13 yang masih original. karena 100 % saya mengetahui kondisinya. Karena terdeteksi sebagai L100, otomatis saya harus menginstal driver L100. Setelah saya download dan berhasil saya instal, saya coba tuh printer untuk mencetak. Eh, ternyata lampu ngeblink. merah kelap-kelip dan lampu hijau menyala terus. Nah, kalo gini sih saya udah hafal,. pasti masalah tinta Catridge. Tapi masalahnya, ketika saya buka printer properties,. eh, tinta minta pasword. Dengan bermodal eksperimen,. aku reset aja waste ink nya. Dengan heran, eh,. berhasil,.. Aku coba untuk mencetak,. eh bisa. Aneh,. tiba-tiba saja  Printer Epson T13 berubah menjadi L00 tanpa mengganti IC nya. Hasil cetakannya pun lebih baik dari pada T13. Tintanya pun masih menggunakan tinta biasa dan bukan tinta L100. Rasa penasaran saya pun muncul. Mengapa tiba-tiba T13 saya menjadi L100. Kucoba cari di Google,. ternyata T13 bisa di upgrade menjadi L100. Tapi harus merubah IC dan firmware nya. Tapi, saya 100 % tidak mengganti IC nya, kog bisa ya ?
Tidak berhenti sampai di situ saja,. ku coba update firmaware dengan mendownload di internet,. Printer T13 saya pun berubah lagi dan dikenal sebagai seri T11. Semakin heran saya..  Mainboard edaaan !!! meski edan tapi hebat dan aneh !! Inilah,. penemuan baru saya yang tanpa sengaja dan sampai hari ini belum terjawab. Nah, jika pembaca tahu mengapa hal ini bisa terjadi, silahkan berikan komentarnya. Mari kita berbagi pengalaman. Jangan Lupa di like facebooknya ya ?

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar anda !